Membuat shader menggunakan autodesk maya 2010.
Artikel ini dibuat untuk memainkan peranan penting dalam visualisasi 3d yang menggunakan paket perangkat lunak pemodelan , autodesk maya adalah aplikasi yang digunkan untuk ini, tutorial ini memiliki tingkatan pada pemula maka penulis mencoba menjelaskan berdasarkan pengetahuan yang didapat untuk saat ini, mari kita mulai,
- SET-UP
Untuk dapat mengikuti tutorial ini , pengetahuan dasar dari interface maya harus sudah dimiliki, tetapi itu tidak mutlak adanya sehingga penulis akan menjelaskan sebanyak yang diketahui dengan sedikit penjelasan bahasa yang ringan ,
- APA YANG MEMBUAT SHADER
Shader atau yang disebut juga jaringan shading , jaringan shading adalah sekelompok shading yang memiliki sebuah bahan permukaan yang terhubung pada model dengan kata lain shading adalah sekumpulan node yang berbentuk model berisi informasi geometry dari model. Bahan yang terhubung pada model dapat berbagi kelompok bayangan yang sama dalam suatu bidang cahaya.
- PERMUKAAN BAHAN
Permukaan bahan pada warna dari model dapat berbeda dalam penampilan atau bentuk karena ada beberapa bahan permukaan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Seperti,
ANISOTROPIK, BLIN, LAMBERT, PHONG, PHONG E, RAMP SHADER, PERMUKAAN SHADER.
Semua bahan dasar ini memiliki atribut yang berbeda untuk menampilkan materi dengan tingkat pengaturan bahan yang dimiliki masing masing bahan, seperti bahan PHONG yang merupakan bahan plastic mengkilap akan berbeda dengan bahan BLINN, pengaturan bahan ini dapat diedit dengan pengaturan pada masing bahan.
- MEMBUAT SHADERS / MATERIAL UNTUK MODEL.
- Langkah pertama – buat model . ( sphere dengan radius 4.0 sections 44 spans 48 ) tampilkan view render layer.
- Langkah kedua – klik pada materi yang ingin digunakan akan membuat kelompok shading ( Window – rendering editors – hypershade.)
- Langkah ketiga – klik create maya node. Yang dilanjutkan dengan klik material yang dipilih untuk menambahkan ke area kerja.
- Langkah selanjutnya – untuk menetapkan bahan yang dipilih kedalam model , klik kanan area kerja kilk kanan pilih assign material to selection. Kemudian, render hasil pekerjaan dengan membuka open render view lanjutkan denganrender current frame.
- MENGEDIT PENGATURAN BAHAN PERMUKAAN.
Untuk mengedit bahan pada permukaan material , klik rendering dan klik tombol kelompok atribut editor, maka secara default akan membuka kelompok shading, atau menggunakan kotak hypershade pilih bagian bahan kemudian klik windows – attributes editor.
Warna – pengaturan warna keseluruhan pada model.
Transparant – Atribut ini mempunyai hitam abu-abu ( grayscale ) putih.
Ambient warna – berfungsi sebagai pengganda untuk warna yang dipilih.
Incandesence – adalah keseluruhan warna , pada saat mengedit tidak terlalu besar nilai warna yang diberkan pada nilai , hal ini untuk mencegah warna menjadi cahaya putih, ( menjaga warna tetap gelap ).
- JARINGAN SHADING
Sekarang kita membuka Standart shading , pertama buka Hypershade ( window – render editor – Hypershade ) ke kelompok shading klik kanan pilih jaringan Grafik,
Kita mengetahui bola yang terhubung keshading kelompok, pada dasarnya menghubungkan kelompok objeck dari bentuk node dalam model
Pilih sading kelompok dan membuka editor, klik pada initial shading group akan terlihat permukaan slot materi memiliki lambert 1 permukaan material dapat juga melihat di hypershade.
Harap tutorial ini dapat menjelaskan sedikit pengetahuan pada autodesk maya untuk pengetahuan material pada maya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar